Thursday 28 February 2013

Konsep Sukses Dalam Perspektif Agama



A.     Perlunya Hidup Sukses
Menjadi manusia yang unggul adalah manusia yang sukses di dunia dan di akhirat. Sukses di dunia dapat di cerminkan dengan tingginya ilmu, cukupnya kekayaan, dan mampu menjadi teladan bagi diri, keluarga dan masyarakatnya. Sukses di akhirat dicerminkan dengan mencapai kesuksesan dengan jalan Allah SWT, mengamalkan dan mengajarkan ilmu yang di peroleh, membagi sebagian harta di jalan Allah dan menjadi pemimpin yang amanah.


B.     Menjadi Manusia Terbaik
Menjadi manusia terbaik dapat disamakan dengan menjadi pribadi yang unggul, unggul dalam ibadah dan unggul dalam berusaha dan beramal. Definisi unggul dengan sukses itu berbeda antara satu budaya dengan budaya yang lain.
Ada 3 hal yang harus kita lakukan untuk menjadi manusia yang terbaik, yaitu :
1.      Berpenampilan Terbaik
Kita harus berpenampilan terbaik meskipun bukan hal yang utama karena dalam pergaulan, kesan pertama yang sangat menentukan karena orang tidak tahu apa yang ada di dalam benak kita. Seperti apa yang di sampaikan dalam pelatihan kepribadian ” Bagaimana kita bisa memberikan kesan pertama yang positif ” kepada orang yang menjadi lawan bicara.

2.      Sikap Terbaik
Bersikap terbaik dalam Islam dicirikan dengan :
a.       Berfikir Positif
Berfikir positif adalah cara pandang kita terhadap persoalan. Kita harus mempunyai cara pandang yang tepat, apabila kita memandang sesuatu negatif, maka sikap negatif yang akan kita dapatkan, di sini lah pentingnya memandang setiap peristiwa baik negatif maupun positif dengan sudut pandang positif.
b.      Proaktif
Sikap proaktif adalah bagaimana kita selalu menghadapi segala macam rangsangan baik negatif maupun positif dengan respon positif.

3.      Prestasi Terbaik
1)      Menjadi pribadi yang mampu berprestasi di atas rata-rata.
2)      Menjadi pribadi yang luar biasa.
“ Anda memiliki dua pilihan setiap bangun pagi : mengisi hari dengan sebaik-baiknya atau membiarkan berlalu begitu saja, pilihan yang kita ambil settiap hari membentuk masa depan kita “.

C.     Cara Meraih Sukses.
Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa Allah mengikuti sangkaan seorang hamba terhadap-Nya. Sehingga ketika kita berfikir positif, maka itulah yang akan Allah kirimkan kepada kita. Jadi ketika seseorang mengganggap dirinya Gagal, mengganggap dirinya Susahm naja Akkah akan memberikan kesulitan kepada dirinya. Jadi bila ingin sukses, harus selalu berfikir positif, seperti contoh, bila anda berfikir anda Bisa, maka anda akan Bisa melakukannya, apabila anda Tidak Bisa, maka anda Tidak Bisa melakukannya.


No comments:

Post a Comment