Tuesday 26 February 2013

Membuat Efek Glow Pada Google SketchUp 8

1. Emissive Light

Emissive Light sebenarnya adalah material spesial dalam V-Ray untuk SketchUp, digunakan untuk membuat cahaya "glow" pada benda atau permukaan. Hal ini juga memungkinkan pesawat, wajah atau benda diterapkan dengan material ini untuk berubah menjadi sebuah sumber cahaya yang sebenarnya atau efek glow tadi. Dalam mesin rendering lain, mereka menyebutnya "self-illuminating material" atau dalam V-Ray Max sama seperti material V-Ray Light Material. Ketika saya pertama kali menggunakan V-Ray untuk SketchUp, saya tidak tahu cara untuk membuat efek glow dengan sempurna untuk benda yang akan saya beri efek glow tersebut.

Saya akan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dalam menggunakan material Emissive. Tapi sebelum itu, biarkan saya memperkenalkan kembali fungsi dasar dan bagaimana anda dapat mengakses ini dalam V-Ray untuk SketchUp. Material Emmisive biasanya digunakan sebagai material glow untuk cahaya tongkat, neon, lampu dan lampu LED. Saya akan menggunakan ini dengan cara yang sederhana untuk menunjukkan kepada anda bagaimana untuk mengakses material ini dengan mudah.


2. Mengakses V-Ray Light Material

Yang satu ini cukup sederhana. Buka Material Editor V-Ray. Buat material, sorot material dan "klik kanan" pada tombol mouse anda. Pilih "Create Layer" dan kemudian pilih "Emissive". Klik Emissive Layer.

 Setelah itu coba atur pada parameter yang ada pada Emissive Layer, dapat diatur sesuai selera anda.


Setelah itu coba anda render menggunakan V-Ray.

Gambar diatas adalah hasil quick render menggunakan V-Ray default Visopt.

Selamat mencoba.



sumber : http://www.sketchupartists.org/tutorials/sketchup-and-v-ray/lighting-with-v-ray-for-sketchup-definitive-guide-part-2/





1 comment: